9 Bakal Calon DPD RI di Dapil DIY Segera Diverifikasi Faktual

- Selasa, 24 Januari 2023 | 23:31 WIB
Logo DPD RI (Ist)
Logo DPD RI (Ist)

SiJOGJA.COM: Sebanyak 9 bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari daerah pemilihan DI Yogyakarta secara resmi sudah menyerahkan bukti dukungan dari masyarakat. Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY pun tengah malaksanakan proses verifikasi administrasi terakhir, untuk memastikan jumlah dukungannya memenuhi persyaratan.

Adapun dari sejumlah bakal calon yang menyerahkan bukti dukungan tersebut, 2 di antaranya menyandang status incumbent, meliputi Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dan Hilmy Muhammad. Sementara 2 Anggota DPD RI dari DIY lainnya, M. Afnan Hadikusumo yang merupakan utusan dari Muhammadiyah dan Cholid Mahmud, dipastikan tak mencalonkan diri lagi.

Sehingga, dalam Pemilu 2024 mendatang, terdapat deretan muka baru yang siap meramaikan persaingan untuk memperebutkan 4 kursi Anggota DPD RI, yang tersedia di Dapil DIY. Mulai dari Syauqi Soeratno, Khudhori, Trisno Sunardi, Yashinta Sekarwangi Mega, Tugiman, Sindu Kurniawan dan Cinde Laras Yulianto, di mana seluruhnya pun sudah menyerahkan lebih dari 2 ribu bukti dukungan, kepada jajaran KPU DIY.

Meski demikian, Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, menyampaikan, kesembilan bakal calon itu belum bisa dipastikan memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri sebagai calon Anggota DPD RI. Pasalnya, kepastian tersebut baru bisa didapat setelah pihaknya rampung menyelesaikan rangkaian verifikasi faktual, dengan dibantu oleh KPU tingkat kota dan kabupaten.

"Setelah selesai verifikasi administrasi, serta jumlah pendukungnya masih tetap di atas 2 ribu, sesuai batas batas minimal, kami akan melaksanakan pengambilan sample dukungan," urainya, Selasa (24/1/23).

Dari sample tersebut, pihaknya pun akan memberikan mandat pada KPU di tingkat kabupaten dan kota untuk melakukan verifikasi faktual terhadap sample-sample pendukung bakal calon. Nantinya, jumlah yang akan diverifikasi faktual mulai 6 Februari 2023, bergantung dari total dukungan terhadap bakal calon yang telah memenuhi persyaratan erifikasi administrasi.

"Jadi, kita tunggu, dari 9 bakal calon itu apakah bisa memenuhi syarat administrasi semuanya atau tidak. Di situ kuncinya. Sekarang sudah masuk masa perbaikan terakhir bagi para bakal calon," ujar Hamdan.

"Kalau memang memenuhi syarat 2 ribu dukungan dengan sebaran di tiga kabupaten dan kota, ya, kami lanjutkan verifikasi faktual. Tapi, kalau misal gagal memenuhi, otomatis tidak lanjut," imbuhnya.

Menurutnya, dalam proses verifikasi faktual tersebut, KPU DIY bakal melibatkan para personel PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang sudah dilantik, serta diberi pembekalan melalui KPU kabupaten dan kota, Selasa (24/1/23). Sehingga, seusai pengukuhan pun mereka tidak bisa berleha-leha, karena tahapan Pemilu 2024 sudah menanti dan harus segera dikerjakan.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Serempak, PDIP Yogya Edukasi Cegah Stunting

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:42 WIB
X