Persiapan Pembukaan Muktamar Tuntas, Panitia: Kami Siap!

- Rabu, 16 November 2022 | 14:31 WIB
Persiapan Pembukaan Muktamar Tuntas, Panitia: Kami Siap!
Persiapan Pembukaan Muktamar Tuntas, Panitia: Kami Siap!

SI JOGJA - Muktamar Muhammadiyah dan 'Aisyiyah ke-48 di Solo tinggal menyisakan dua hari lagi. Gelaran akbar yang dijadwalkan pada 18-20 November 2022 ini bakal dibuka secara resmi pada Sabtu pagi 19 November 2022 di Stadion Manahan Solo oleh Presiden RI Ir Joko Widodo.

Panitia menyebut, persiapan Muktamar mayoritas sudah tuntas, termasuk untuk persiapan pembukaan. Kapasitas pada acara pembukaan sendiri sebanyak 15.000 sampai 17.000 orang baik dari tamu undangan maupun perwakilan penggembira.

"InsyaAllah semua sudah disiapkan secara matang termasuk untuk acara pembukaan. Untuk kesiapan secara teknis dari panggung dan lain-lain sudah disiapkan secara matang, termasuk alur bagi para undangan yang akan masuk ke Stadion Manahan," ungkap Sekretaris Panitia Pusat Muktamar, Nurul Yamin Rabu 16 November 2022.

Karena jumlah undangan yang bisa masuk ke dalam stadion terbatas dan pengamanan ketat karena akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Nurul Yamin mengimbau penerima undangan memperhatikan rambu-rambu dan petunjuk terkait gerbang dan pintu masuk mana yang dapat diakses yang itu semua sudah dicantumkan di dalam kertas undangan.

Selain itu, tamu undangan diharapkan datang lebih awal karena sekitar pukul 07.00 WIB, akses pintu masuk akan ditutup oleh pasukan pengamanan Presiden (Paspampres).

Acara pembukaan juga dipastikan meriah oleh tari-tarian kolosal, atraksi drum band, hingga penampilan dari berbagai ortom seperti Tapak Suci.

Karena kapasitas stadion yang terbatas, maka selain perwakilan, tidak semua penggembira berkesempatan masuk ke dalam stadion. Menyadari hal ini, Nurul Yamin menyebut panitia telah menyediakan sekian alternatif, antara lain layar lebar LED yang di pasang di luar stadion, termasuk beberapa titik seperti Edutorium UMS dan De Tjolomadoe.

Terkait lahan parkir kendaraan, panitia kata Yamin telah bekerja sama dengan kepolisian, dinas terkait di pemerintahan untuk menyediakan kantong-kantong parkir di sejumlah titik. Terakhir, Nurul Yamin menyampaikan permohonan maaf jika aktivitas masyarakat terganggu akibat keramaian Muktamar.

"Tentu panitia sangat bergembira dengan antusiasme menyambut tamu, tentu mohon maaf bukan karena keterbatasan stadion dan tempat-tempat yang bisa untuk menonton secara langsung, tapi juga mohon maaf terjadi ketidaknyamanan bagi para pengguna jalan dan lain-lain yang mungkin mengalami kemacetan dan lain-lain, tapi itu kita nikmati sebagai kegembiraan Muktamar," kata dia.

Halaman:

Editor: Ardian Sijogja

Tags

Terkini

Serempak, PDIP Yogya Edukasi Cegah Stunting

Selasa, 24 Januari 2023 | 09:42 WIB
X