• Kamis, 7 Juli 2022

Mendorong Pemimpin Muda Bervisi Kerakyatan Jadi Tema Sarasehan Bulan Pancasila BARIKADE’98  

- Kamis, 23 Juni 2022 | 19:13 WIB
Sarasehan Bulan Pancasila yang digelar elemen Barikade'98 di Yogyakarta Kamis (23/6) (Istimewa)
Sarasehan Bulan Pancasila yang digelar elemen Barikade'98 di Yogyakarta Kamis (23/6) (Istimewa)

SiJOGJA.COM : Elemen aktivis Barisan Rakyat Indonesia Kawal Demokrasi (BARIKADE ’98) menggelar sarasehan Bulan Pancasila 2022 berpusat di Kampung Mataraman Bantul Yogyakarta Kamis 23 Juni 2022.

Sarasehan yang dihadiri puluhan peserta itu mengetengahkan tema “Mendorong Pemimpin Muda Bervisi Kerakyatan” dengan narasumber Widihasto W. Putra (aktivis pergerakan), Iranda Yudhatama (peneliti perubahan sosial) dan Syafaad Noor Rohman (Ketua Barikade DIY).

"Dari kegiatan tersebut kami ingin menggali dan mendiskusikan berbagai kegelisahan tentang problem kepemimpinan politik yang belakangan cenderung abai dengan visi agenda kerakyatan," kata Imam Arif Budiman selaku Sekretaris BARIKADE’98 DIY.

Dalam sarasehan yany dipandu Agung Budyawan atau mas bondox (penggiat jaringan sosial kemasyarakatan) itu, Imam mengungkap BARIKADE’98 DIY telah melihat bahwa di saat saat jelang transisi ini perlu segera mendorong lahirnya pemimpin muda yang bervisi menuntaskan agenda kerakyatan. 

"Mengapa pemimpin muda, karena pemimpin muda relative belum terkontaminasi dengan ambisi kuasa oligarki yang berpolitik dengan nafsu penumpukan sumberdaya ekonomi semata," kata Imam Arif Budiman.

BARIKADE’98 DIY pun berniat menuntaskan agenda kerakyatan karena tugas pergerakan saat ini memang tidak mudah diperjuangkan di tengah liberalisasi politik dan ekonomi.

"Dan harapan itu bisa diwujudkan bersama dengan melahirkan pemimpin-pemimpin muda yang memiliki hati dan pemikiran untuk bergelut bersama dalam suka dan duka, tawa dan tangis, harapan dan derita rakyat dalam kehidupan keseharian," kata dia.

Imam Arif Budiman menjelaskan
BARIKADE’98 DIY adalah komunitas pergerakan lintas generasi dari berbagai sektor yang berkomitmen untuk mengawal kehidupan bernegara agar semakin demokratis menuju cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Saat ini, BARIKADE’98 secara jaringan dan organisasi telah hadir di seluruh provinsi di Indonesia.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Terpopuler

X