• Kamis, 7 Juli 2022

Demokrat Pilihan Teratas Anak Muda, Politisi Demokrat Jogja: Kepercayaan Terus Meningkat

- Kamis, 23 Juni 2022 | 13:52 WIB
Politisi Partai Demokrat Kota Jogja Ahmad Mufaris (Istimewa)
Politisi Partai Demokrat Kota Jogja Ahmad Mufaris (Istimewa)

SiJOGJA.COM : Politisi Partai Demokrat Jogja Ahmad Mufaris menilai kepercayaan masyarakat kepada Partai Demokrat kian meningkat belakangan di bawah kepemimpinan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Hal ini dibuktikan hasil survei Litbang Kompas pada 26 Mei-24 Juni 2022 menunjukkan, PDI Perjuangan, Partai Demokrat, dan Partai Gerindra menjadi tiga partai dengan elektabilitas tertinggi di kalangan generasi muda.

"Hasil survei Litbang Kompas itu bisa menjadi satu indikator, bahwa kepercayaan kepada Partai Demokrat kian meningkat dan terbendung," kata
Ahmad Mufaris yang juga anggota DPRD Kota Jogja Kamis (23/6).

Mufaris melihat dari hasil kajian itu
pada generasi Z (kelahiran 1997-2012, usia 10-25 tahun), PDI-P memiliki elektabilitas sebesar 20,4 persen, diikuti oleh Demokrat (15 persen), dan Gerindra (12,9 persen).

Dibandingkan survei sebelumnya, angka keterpilihan PDI-P dan Demokrat menguat sedangkan Gerindra menurun. Hal ini membuat Demokrat menggeser Gerindra di peringkat dua.

"Bagi kalangan muda, kita tidak butuh pemimpin dari golongan tua dengan segudang pengalaman jika dia tidak memiliki pikiran terbuka terhadap aspirasi kita. Kita butuh pemimpin yang dekat dengan kita, yang bisa melihat apa yang kita butuhkan, dan bisa memberikan wadah bagi kita untuk berkembang," kata Mufaris

"Tentu saja hal itu dapat kita lihat dari hal sederhana, yaitu pemimpin yang generasinya tidak jauh dari generasi kita. Contoh yang paling dekat dan memang sedang hits akhir — akhir ini adalah AHY," kata Mufaris.

Adapun dari Survei Litbang Kompas itu, di kalangan pemilih generasi Y (kelahiran 1981-1996, usia 26-41 tahun), PDI-P dipilih oleh 28,4 persen responden, diikuti Demokrat (16,6 persen), dan Gerindra (16 persen).

Elektabilitas masing-masing partai menguat di kalangan pemilih itu dibanding survei sebelumnya, yakni PDI-P naik 8 persen, Gerindra (5,6 persen), dan Demokrat (1,6 persen).

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Terpopuler

X