• Kamis, 7 Juli 2022

IKN Rawan Diserang, Panglima TNI: Tambahan Alutsista Sedang Diajukan

- Kamis, 26 Mei 2022 | 09:56 WIB
Alutsista RI (Istimewa)
Alutsista RI (Istimewa)

SiJOGJA.COM: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merespon sorotan rentannya pertahanan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur yang digadang menjadi ibukota baru Indonesia di masa datang.

"Prinsipnya kami akan buat maksimal (sistem) pertahanan ibu kota baru," kata Andika di sela menghadiri wisuda anaknya di UGM Yogyakarta Rabu 25 Mei 2022.

Andika menilai salah satu cara memaksimalkan sistem pertahanan IKN Nusantara tak lain dengan melengkapi dan membenahi alat utama sistem senjata (alutsista) TNI di kawasan itu.

"Untuk alutsista kami sudah mengajukan penambahan, juga kekuatan personil di sana (IKN)," kata Andika yang tak merinci pengajuan tambahan alutsista seperti apa yang telah dilakukan.

"Yang jelas untuk alutsista itu kan memang belum mendapatkan dukungan secara ideal, jadi sementara apa yang dimiliki TNI sekarang dimaksimalkan dulu," kata dia.

"Untuk alat alat baru yang belum ada, kami juga akan shifting relokasi dari aset-aset TNI ke titik-titik yang ada di sana," ujar Andika.

Andika mengakui penambahan alutsista memang persoalan kompleks dalam sistem pertahanan.

"Menambah alutsista bukan hanya persoalan mendatangkan alat alat baru, tapi juga harus memikirkan porsi perawatannya," kata dia.

"Soal alutsista kan bukan hanya tentang menggunakannya, tapi juga memelihara sedemikian rupa sehingga masa pakainya lama," kata Andika.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X