• Kamis, 7 Juli 2022

Prajurit Aktif Jadi Penjabat Bupati Di Seram, Panglima TNI: Kami Pelajari

- Kamis, 26 Mei 2022 | 09:53 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di UGM (Istimewa)
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di UGM (Istimewa)

SiJOGJA.COM : Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengaku masih mempelajari ihwal penunjukan Brigadir Jenderal TNI Andi Chandra As'aduddin sebagai penanggung jawab Bupati Seram Bagian Barat.

Hal ini menyusul ramainya perdebatan di masyarakat soal pengangkatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Tengah itu menjadi penjabat kepala daerah.

"Ya itu kan sebenarnya keputusan dari pemerintah, tapi kami sekarang juga sedang melihat kasus ini," kata Andika di Yogyakarta Rabu 25 Mei 2022.

Penunjukan Andi Chandra dituding elemen masyarakat melanggar peraturan perundangan. Salah satunya Undang-Undang (UU) Pilkada Nomor 10/2016 yang mengatur bahwa penjabat bupati/wali kota hanya dapat berasal dari Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, bukan prajurit aktif.

Namun, Andika mengatakan jika penunjukkan itu sudah merupakan amanat dan kepercayaan yang diberikan pemerintah, pihaknya akan mendukung keputusan itu.

"Kalau penunjukan (Andi) itu kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah, kami pun siap mendukung walaupun kami pun juga tetap patuh semua aturan berlaku," kata Andika.

Yang saat ini sedang dikaji timnya, ujar Andika, juga soal aturan itu. Khususnya bagaimana prosedur prajurit TNI aktif ketika ditunjuk sebagai penjabat kepala daerah.

"Tim hukum TNI saat ini sedang mempelajari sehingga penugasan ini memenuhi aspek legalitas," kata dia.

"Tapi selain aspek legalitas, kami juga kaji apakah penugasan kepada perwira kami itu sebagai bentuk memenuhi kepercayaan pemerintah bisa dilakukan," kata dia.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X