• Selasa, 6 Desember 2022

Makna Penting Penguatan Penghayatan dan Pengamalan Pancasila

- Sabtu, 24 September 2022 | 20:28 WIB

SiJOGJA.COM: Anggota DPR/ MPR RI dari fraksi Partai Amanat Nasional Ibnu Mahmud Bilalludin bekerja sama dengan Pemerinatahan Kalurahan Bantul menggelar sosialisasi 4 pilar di Gedung Serbaguna Kalurahan Bantul. Sekitar seratus warga Bantul mengikuti kegiatan sosialisasi 4 Pilar tentang Pancasila, UUD 1945 serta Tap MPR, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Hadir dalam acara sosialisasi 4 pilar tersebut anggota DPRD DIY dari fraksi PAN Atmaji, Lurah Bantul Supriyadi dan Husni Amriyanto pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ( UMY ) serta sejumlah tokoh masyarakat Bantul.

Ibnu Mahmud Bilalludin mengatakan 4 Pilar Kebangsaan adalah kumpulan nilai-nilai moral yang harus dipahami dan dijalankan oleh Warga Negara Indonesia sehingga bisa menjadi landasan dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.

" Adapun 4 Pilar Kebangsaan yang dimaksud yakni Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika. Ini sangat penting disampaikan secara terus menerus kepada masyarakat sebagai landasan dasar kehidupan berbangsa dan bernegara secara baik," ungkap Ibnu Mahmud Bilalludin Jumat ( 23/9/2022) di Gedung Serbaguna Kalurahan Bantul.

Ibnu Mahmud Bilalludin menambahkan akan pentingnya menanamkan nilai-nilai dalam empat pilar kebangsaan agar masyarakat kita termotivasi untuk merawat semangat kebangsaan.

" Kami berharap nilai - nilai dalam 4 pilar kebangsaan ini betul - betul bisa merawat semangat kebangsaan," ujarnya.

Sementara itu pengamat politik UMY Husni Amriyanto mengatakan Indonesia sebagai bangsa yang majemuk masih perlu penguatan dalam penghayatan dan pengamalan yang terkandung dalam Pancasila. Hal ini untuk mengantisipasi munculnya pemahaman terhadap hal-hal yang keliru dan sempit, seperti pemahaman agama yang sempit dan selalu menganggap kelompoknya yang paling benar.

" Kita masih sangat mememrlukan penguatan dalam penghayatan dan pengamalan Pancasila yang memiliki nilai luhur," katanya.

Sementara itu Lurah Bantul Supriyadi mengapresiasi atas terselenggaranya acara sosialisasi 4 pilar yg diadakan di kalurahan Bantul.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Pakar UGM Bicara Ancaman Bencana Kelaparan, Kapan ?

Sabtu, 3 Desember 2022 | 22:27 WIB

Sleman Kembali Gencarkan Safari Jumat Di Masjid

Jumat, 2 Desember 2022 | 23:58 WIB

Tiga Calon Rektor UAJY Periode 2023-2027

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:47 WIB

BMW Astra Dukung BNI Indonesian Masters presented by TNE

Selasa, 29 November 2022 | 13:37 WIB
X