• Senin, 26 September 2022

Polemik Jilbab di Sekolah Tak Perlu Terjadi Jika Rambu Ini Dipahami

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:32 WIB
Diskusi umum pelajar pancasila
Diskusi umum pelajar pancasila

SiJOGJA.COM : Polemik terkait jilbab dan kegiatan kegiatan keagamaan di sekolah sebenarnya tidak perlu terjadi jika memahami karakter pelajar pancasila.

Diskusi publik yang digelar oleh Menoreh Institute dengan menghadirkan beberapa pakar pendidikan dari UGM dan UNY menyimpulkan perlunya peningkatan pemahaman dan aplikasi karakter pelajar pancasila.

Dr. Deni Herdianto,M.Pd pakar Pendidikan UNY dan pimpinan Menoreh Institute melakukan survey terhadap 925 responden di seluruh Indonesia terkait Profil Pelajar Pancasila.

Hasil survey menjelaskan bahwa 50 persen responden sudah mengetahui tentang profil pelajar pancasila, sementara 33 persen mengetahui sebagian dan 17 persen tidak mengetahui sama sekali.

"Pertanyaan dengan jawaban ganda, 70 persen responden menyatakan bahwa guru paling berperan dalam membentuk Profil pelajar pancasila, 53 persen menyatakan orang tua paling berperan, 45 persen lingkungan, dan 23 persen menyatakan lingkungan yang paling berperan," ujar Dr. Deni Herdianto,M.Pd pakar Pendidikan UNY dan pimpinan Menoreh Institute di Yogyakarta, 16 Agustus 2022

Sementara itu terkait pelaksanaan ibadah, bersikap, dan berpenampilan sesuai ajaran agama masing masing 83 persen menyatakan hal tersebut merupakan implementasi penting dari profil pelajar pancasila.

Prof. Khairudin dari UNY menyampaikan tentang elemen kunci gotong royong dalam pendidikan adalah kolaborasi, kepedulian dan berbagi. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan profil pertama yang semestinya dimiliki oleh pelajar Pancasila.

Guru adalah sosok yang sangat penting peran nya dalam hal ini. Sehingga jika ada guru mengajarkan muridnya untuk beribadah dan taat agama semestinya tidak dipermasalahkan. Mempermasalahkan guru yang melaksanakan tugasnya bisa terjadi karena komunikasi yang kurang baik antara orang tua dengan pihak sekolah. Perbaikan komunikasi dan kerjasama sekolah dan orangtua wali menjadi sangat penting saat ini.

Prof Yuny Erwanto dari UGM menyampaikan perlunya bijaksana menjadi orangtua. Komunikasi dan kerjasama antara orangtua dengan sekolah adalah mutlak sangat penting untuk keberhasilan pendidikan.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

ISI Yogyakarta Kembali Gelar Wisuda Luring

Sabtu, 17 September 2022 | 15:45 WIB
X