• Selasa, 16 Agustus 2022

Forum Diskusi Kritis : Saat Berbagai Persoalan Transparansi Dipertanyakan

- Selasa, 5 Juli 2022 | 22:58 WIB
Forum diskusi kritis yang digelar di Yogyakarta Selasa (5/7)
Forum diskusi kritis yang digelar di Yogyakarta Selasa (5/7)

SiJOGJA.COM : Upaya transparansi aturan lelang barang dan jasa pemerintah daerah menjadi sorotan diskusi yang melibatkan sejumlah tokoh di Yogyakarta pada Selasa (5/7/2022).

Hadir sebagai pembicara Anggota DPRD Kota Yogyakarta Antonius Fokki Ardiyanto, pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Kalijaga Bantul, KH Benny Susanto, dan juga dari kalangan masyarakat Andri Lesmono Bintoro yang juga Ketua Forum Pembaharuan Kebangsaan DIY.

Antonius Fokki Ardiyanto, anggota DPRD Kota Yogyakarta di bagian awal menyoroti bagaimana transparansi proyek lelang selama ini berjalan.

“Setiap pemerintah daerah pasti akan melakukan program pembangunan, persoalannya apakah pelaksanaan pembangunan itu anti KKN dan transparan,” ungkap Fokki.

Dia mengakui memang masih ada persoalan terkait dengan struktur peraturan perundang-undangan mulai dari perwal/perbup sampai pergub.

Dicontohkan, masifnya pembangunan apartemen di Kota Yogyakarta. Di situ tegas dinyatakan 20 persen untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Pada praktiknya aturan tersebut boleh berupa kesepakatan terlebih dulu.
Contoh lainnya adalah toko berjejaring dan toko modern yang tumbuh bagai jamur.

Legislatif yang memiliki fungsi pengawasan sudah menanyakan ke mitra kerja (eksekutif) terkait perizinannya. Ini penting sebab jika sudah beroperasi tanpa izin maka pemerintah kehilangan potensi pajak dan retribusi.

"Jadi perlu kehendak yang baik untuk menyelesaikan persoalan seperti ini," kata Fokki yang salut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah masuk masuk ke DIY belakangan terakhir mengungkap sejumlah kasus terkait proyek pemerintah.

Adapun Benny Susanto mengatakan sebenarnya semua sudah bisa melihat apa yang salah dan apa yang terjadi. Setidaknya ini bisa dilihat dari masuknya KPK ke Yogyakarta ibarat sebagai pecah telur.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Idul Adha, Ini Aksi Soksi Di Bantul Yogyakarta

Senin, 11 Juli 2022 | 13:13 WIB

Holywings Jogja Ditutup, Pemda Ungkap Ini

Rabu, 29 Juni 2022 | 16:03 WIB

Presiden Jerman Lakukan Ini di UGM

Jumat, 17 Juni 2022 | 21:41 WIB
X