• Kamis, 7 Juli 2022

Jelang Idul Adha, Kasus PMK Ternak di Sleman Rambah Belasan Kecamatan

- Jumat, 10 Juni 2022 | 09:14 WIB
PMK pada sapi (Ist)
PMK pada sapi (Ist)

SiJOGJA.COM:  Penyebaran virus penyakit mulut dan kuku (PKM) di Yogyakarta terus bertambah jelang perayaan hari Idul Adha.

Salah satunya, terpantau di Kabupaten Sleman, salah satu wilayah dengan populasi ternak terbanyak di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Sleman menjadi wilayah yang dilewati lalu lintas ternak antar daerah DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, potensi terjadinya kasus PMK cukup tinggi," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sleman Nawangwulan Kamis 9 Juni 2022.
                       
Situasi terkini penyebaran penyakit mulut dan kuku di Sleman, telah ditemukan di 12 dari total 17 kecamatan. Seperti Moyudan, Gamping, Tempel, Mlati, Sleman, Ngaglik, Pakem, Ngemplak, Cangkringan, Berbah, Prambanan dan Kalasan. 

"Jumlah kasus PMK saat ini di Sleman ditemukan pada 908 ternak, di mana yang terkonfirmasi laboratorium 24 ekor, suspect dengan status ditangani dengan pengobatan 893 ekor," kata dia.

Dari jumlah kasus tersebut,  terdapat delapan ternak dinyatakan sembuh, tiga ternak mati, dan 897 dalam pengawasan dan pengobatan  oleh petugas teknis kesehatan hewan (sakit) dan tidak ada yang dipotong paksa.

Dari hasil investigasi di semua titik kejadian kasus, bahwa penyebab penyebaran PMK di Kabupaten Sleman, ditengarai berasal dari masuknya ternak dari luar daerah, pedagang ternak dan alat angkut dari luar daerah.

"Penularan juga berasal dari pedagang dan alat angkut dari Kabupaten Sleman yang sempat mengunjungi pasar hewan lokasi lain di luar Sleman, dan mutasi ternak dalam wilayah Sleman," kata Nawangwulan.

Penularan tersebut disebut didukung sifat alami virus PMK yang bisa menyebar melalui udara.

Terkait dengan ketersediaan hewan qurban untuk Kabupaten Sleman, lanjut Nawangwulan, diprediksi hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Holywings Jogja Ditutup, Pemda Ungkap Ini

Rabu, 29 Juni 2022 | 16:03 WIB

Presiden Jerman Lakukan Ini di UGM

Jumat, 17 Juni 2022 | 21:41 WIB

Terpopuler

X