• Jumat, 8 Juli 2022

Dianugerahi UGM Gelar Doktor Honoris Causa, Ini Pidato Menhub Budi Karya Sumadi

- Selasa, 24 Mei 2022 | 09:57 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi terima gelar doktor HC UGM (Istimewa)
Menhub Budi Karya Sumadi terima gelar doktor HC UGM (Istimewa)

SiJOGJA.COM : Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa (HC) bidang transportasi oleh almamaternya yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM). Budi Karya dinilai telah memberikan banyak sumbangsih dan terobosan di transportasi nasional.

Dalam pidatonya, Budi Karya mengatakan bahwa saat ini pembangunan infrastruktur transportasi masih menjadi fokus saat ini. Infrastruktur tersebut penting untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi serta disparitas pendapatan dan harga.

"Transportasi merajut nusantara adalah sistem transportasi yang menjamin konektivitas antar wilayah di kepulauan nusantara. Membangun infrastruktur transportasi bukan saja membangun bandara, pelabuhan, stasiun dan
rel,serta terminal atau sekadar mengadakan pesawat, bus, kapal, dan kereta api, namun juga membangun sistem keselamatan, keamanan, dan pelayanan yang akhirnya akan menciptakan harapan dan peradaban baru," kata Budi Karya.

Budi menjelaskan berdasarkan hasil penilaian dari Bank Dunia dan The
Global Economy tahun 2021, kualitas infrastruktur transportasi Indonesia mengalami tren kenaikan sejak 2014 secara konsisten.

Dia menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur transportasi itu haruslah memenuhi aspek berkeadilan,
berkelanjutan, keberagaman, dan kerakyatan sesuai. Hal itu sesuai dengan nilai-nilai UGM.

Dia mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur transportasi saat ini tidak lagi pada Jawa-sentris. Namun saat ini sudah bergeser ke Indonesia-sentris. Sehingga seluruh rakyat Indonesia mendapat manfaatnya.

"Arah pembangunan infrastruktur transportasi bergeser dari Jawa-sentris menjadi Indonesia-sentris sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh saudara kita baik di Indonesia bagian barat maupun timur, dan 3TP yaitu tertinggal,
terpencil, terdepan, dan perbatasan," katanya.

"Sejumlah pembangunan transportasi telah dilakukan mulai dari transportasi perintis, program tol laut, jembatan udara, kapal ternak, serta pelayaran rakyat, salah satu contoh seperti pembangunan bandara dan pelabuhan khusus Papua," katanya.

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Holywings Jogja Ditutup, Pemda Ungkap Ini

Rabu, 29 Juni 2022 | 16:03 WIB

Presiden Jerman Lakukan Ini di UGM

Jumat, 17 Juni 2022 | 21:41 WIB

Terpopuler

X