• Kamis, 7 Juli 2022

Sultan HB X Lantik Dua Penjabat Walikota Yogyakarta dan Bupati Kulon Progo

- Minggu, 22 Mei 2022 | 20:11 WIB
Sultan HB X lantik dua penjabat walikota Yogya dan Bupati Kulon Progo Minggu (22/5) (Istimewa)
Sultan HB X lantik dua penjabat walikota Yogya dan Bupati Kulon Progo Minggu (22/5) (Istimewa)

SiJOGJA.COM : Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X resmi melantik Sumadi sebagai Penjabat Walikota Yogyakarta dan Tri Saktiyana sebagai Penjabat Bupati Kulon Progo dengan maksimal satu tahun periode jabatan Minggu 22 Mei 2022.

Pelantikan itu menyusul berakhirnya masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta periode 2017-2022 yakni pasangan Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi serta Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo sisa masa jabatan 2017-2022 yakni Sutedjo dan Fajar Gegana.

Sumadi sebelumnya menjabat sebagai Asisten Sekretaris DIY bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum. Sementara Tri Saktiyana menjabat Asisten Sekretaris DIY bidang Perekonomian dan Pembangunan. 

"Pengangkatan penjabat walikota Yogyakarta dan bupati Kulon Progo untuk mengantisipasi kevakuman kepemimpinan di dua wilayah itu," kata Sultan.

Salah satu tugas berat menanti kedua penjabat kepala daerah itu yakni memfasilitasi persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 dan Pilkada 2024 di Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta.

"Juga melanjutkan tugas selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing," kata dia.

Sultan menilai kedua penjabat terpilih cukup mengenal peta sosio-kultual kemasyarakatan DI Yogyakarta.

“Sehingga harapan kami, manajemen pemerintahan sementara yang dijalankannya berbasis pada kepentingan masyakarat yang ditunjang koordinasi dan komunikasi yang baik dengan pusat, provinsi dan jajaran," kata Sultan. 

Sultan meminta kedua penjabat kepala daerah itu mampu mendorong terciptanya output berupa daerah percontohan praktik reformasi birokrasi. Khususnya reformasi birokrasi tematik soal pengentasan kemiskinan.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Holywings Jogja Ditutup, Pemda Ungkap Ini

Rabu, 29 Juni 2022 | 16:03 WIB

Presiden Jerman Lakukan Ini di UGM

Jumat, 17 Juni 2022 | 21:41 WIB

Terpopuler

X