• Selasa, 16 Agustus 2022

HUT 1 Tahun YoGowes, Wawali Yogya : Gencarkan Promosi Gowes

- Senin, 21 Maret 2022 | 11:27 WIB
HUT 1 YoGowes
HUT 1 YoGowes

SiJOGJA.COM : Kunjungan wisatawan yang berangsur normal pada triwulan pertama tahun 2022 ini dimanfaatkan Pemerintah Kota Yogyakarta menggenjot lagi promosi wisata gowes atau sepeda wisata di berbagai jalur yang sudah dibuat.

Satu indikasi berangsur normalnya kunjungan wisata mengacu data Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta yang mencatat pada masa low season saja, atau Januari lalu, ada 780 ribu wisatawan yang tercatat menginap di hotel dan menyambangi destinasi wisata di kawasan perkotaan saja.

"Dengan situasi ini kami mulai gencarkan ajakan bagi masyarakat dan wisatawan untuk menggeliatkan kegiatan kegiatan bersepeda saat di Yogyakarta," ujar Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi Minggu, 20 Maret, di sela peringatan satu tahun gerakan YoGowes yang digagas Pemkot Yogya.

Heroe mengatakan Pemkot Yogyakarta sudah menyediakan lima jalur sepeda wisata bagi wisatawan. Yaitu Romansa Kota Lawas, Tilik Jeron Beteng, Jelajah Kampung Susur Sungai, Jelajah Kampung 2 dan Rute Taman Pintar.

"Kami mengajak para komunitas sepeda di berbagai wilayah memanfaatkan momentum ini dengan mengajak masyarakat bersepeda kembali," kata dia.

Heroe mengatakan gerakan Yogowes dulu dibentuk bersama untuk membangkitkan perekonomian di tingkat kampung dan mendorong terbentuknya imunitas komunitas sepeda di masa pandemi Covid-19 meninggi.

"Namun konteks sekarang ajakan bersepeda itu perlu tak sekedar faktor membangkitkan ekonomi dan pandemi, tapi sejalan dengan upaya mengatasi dampak perubahan iklim," kata Heroe.

Heroe menjelaskan saat ini ada tantangan setiap kota Indonesia harus mampu menurunkan suhu di kotanya masing-masing sekitar satu derajat dalam upaya menekan dampak perubahan iklim.

Pemerintah Kota Yogya pun mendorong di masa transisi pandemi menjadi endemi ini, para pelajar dan masyarakat umum bisa menjalankan kegiatan bersepeda dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Idul Adha, Ini Aksi Soksi Di Bantul Yogyakarta

Senin, 11 Juli 2022 | 13:13 WIB

Holywings Jogja Ditutup, Pemda Ungkap Ini

Rabu, 29 Juni 2022 | 16:03 WIB

Presiden Jerman Lakukan Ini di UGM

Jumat, 17 Juni 2022 | 21:41 WIB
X