• Kamis, 7 Juli 2022

Pertama Di Dunia, Pondok Pesantren Pemrograman Khusus Perempuan Diluncurkan di Jogja  

- Selasa, 22 Februari 2022 | 15:45 WIB
Launching Pondok Pesantren Programer Qoryatus Salam di Yogyakarta Selasa, 22 Februari 2022 (Istimewa)
Launching Pondok Pesantren Programer Qoryatus Salam di Yogyakarta Selasa, 22 Februari 2022 (Istimewa)

SiJOGJA.COM : Abad 21 ditandai dengan pekermbangan teknologi yang semakin cepat, seluruh aktifitas manusia di dunia begitu bergantung dengan teknologi.

Selama kurang lebih 2 tahun ini dunia telah belajar bahwa Sebagian masyarakat mampu mengakselerasi kemampuannya mengoperasikan alat teknologi untuk kebutuhan sehari – hari di masa Pandemi.

Interaksi antara manusia dan mesin menjadi aktifitas sosial baru, komputer dan mesin dapat melakukan berbagai hal secara efisien dan akurat.

Sehingga, banyak masyarakat yang mulai menyadari pentingnya menjadi subjek teknologi, yang mampu mengendalikan, mengontrol, memproduksi dan mengembangkan.

Hal ini melatarbelakangi Yenny Wahid mendirikan Pesantren Programer Qoryatus Salam di Yogyakarta yang diluncurkan Selasa, 22 Februari 2022 di Kompleks Peace Village atau Asrama Pesantren Qoryatus Salam Yogyakarta.

Pesantren ini dikhususkan bagi santri perempuan atau santriwati. Pesantren ini akan menggabungkan materi – materi keagamaan dan materi – materi pemograman computer, yang harapannya kedepan akan mencetak generasi programmer yang memiliki kematangan dalam ilmu agama.
 
“Selama ini teknologi masih dianggap lebih dekat dengan laki – laki, masih ada anggapan bahwa perempuan cenderung “gaptek” padahal teknologi ini bisa dimanfaatkan oleh siapapun, anggapan yang tidak tepat ini cenderung membuat perempuan tidak percaya diri untuk belajar dan tidak banyak diberikan kesempatan, sehingga perempuan harus difasilitasi untuk belajar teknologi.

Adanya Pesantren programmer Qoryatus Salam yang diluncurkan sebagai wujud pemberdayaan bagi perempuan dalam teknologi” Ujar Yenny Wahid

Lanjut Yenny Wahid, materi – materi agama yang diajarkan di pesantren juga mengadopsi referensi keagamaan yang moderat seperti kitab risalah ahlussunnah wal jamaah karya Hadaratus Syeikh KH. Hasyim Asyari, Kitab Adabul 'alimwal muta'alim tentang etika, Fathul qorib tentang fiqh (tata laksana dan hukum dalam Islam).

Selain itu, pesantren ini juga mengajarkan kelas pemograman berupa Python, Algoritma, Django, Database, AWS. Serta beberapa kelas tembahan tentang sociopreneurship. 
 
Hadir dalam memberikan sambutan Sutjahyo Budiman, Direktur Utama FDS yang menyambut baik adanya pesantren ini “Sebagai Pesantren Pemogramer Perempuan Pertama di Indonesia, Pesantren Coding Qoryatus Salam memberikan kesempatan belajar di bidang Teknologi Informasi bagi para perempuan muda.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Holywings Jogja Ditutup, Pemda Ungkap Ini

Rabu, 29 Juni 2022 | 16:03 WIB

Presiden Jerman Lakukan Ini di UGM

Jumat, 17 Juni 2022 | 21:41 WIB

Terpopuler

X