Seberapa Penting Edukasi Kesehatan dan Gizi Bagi Ibu Hamil Guna Pencegahan Stunting?

- Senin, 23 Januari 2023 | 20:59 WIB
Persoalan Stunting Selesai! Kepala BKKBN Hasto Wardoyo: Jika Semua Kepala Daerah di Indonesia Seperti Bener Meriah. Bener Meriah Jadi Tempat Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting di Aceh
Persoalan Stunting Selesai! Kepala BKKBN Hasto Wardoyo: Jika Semua Kepala Daerah di Indonesia Seperti Bener Meriah. Bener Meriah Jadi Tempat Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting di Aceh

SiJOGJA.COM : Upaya pencegahan kasus stunting pada anak penting dilakukan dengan cara edukasi masalah kesehatan dan pemberian gizi yang baik bagi Ibu hamil.

Melalui edukasi masalah kesehatan kepada ibu hamil dan pemberian gizi yang mencukupi diharapkan ibu-ibu di tanah air bisa lahirkan anak yang sehat untuk mewujudkan Indonesia Emas di 2045.

Dr (HC) dr Hasto Wardoyo, Kepala BKKBN menegaskan perlunya langkah pencegahan stunting pada anak dilakukan secara terpadu sejak anak masih dalam kandungan hingga perawatan paska melahirkan bagi ibu dan anak dalam Sarasehan Kesehatan Ibu Hamil dan Pencegahan Stunting Wujudkan Generasi Hebat yang diselenggarakan oleh DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta.

"Saya senang, hari ini di hadir bersama ibu-ibu hamil dengan usia kehamilan yang beragam. Supaya kita sehat ada konsultasi ibu hamil dan pemeriksaan kesehatan, ada makanan sehat, dapur sehat, Indonesia emas 2045 itu harus SDM unggul, banyak hal perlu disiapkan termasuk generasi yang sehat," kata Hasto Wardoyo, Kepala BKKBN di Yogyakarta, Senin, 23/1/2023.

Bertepatan dengan hari kelahiran Ibu Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan, yang lahir di Yogyakarta pada 23 Januari 1947, rangkaian peringatan diisi dengan sarasehan dan pemotongan tumpeng serta doa bersama dipimpin oleh Kyai Masyhuri.

Sarasehan yang diselenggarakan DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta diisi juga dengan pemeriksaan ibu hamil dan display makanan sehat bergizi menghadirkan pembicara perempuan yaitu Suryani, SE.,MSi, Akt. CA,. Ketua Komisi D DPRD Kota Yogyakarta dari Fraksi PDI Perjuangan dan dr Agustina Tyas Widyaningsih Sp.OG dokter spesialis kandungan RS Pratama Yogyakarta.

Di dalam kesempatan tersebut, Hasto Wardoyo menyampaikan ucapan selamat HUT ke-76 kepada Ibu Hj Megawati Soekarnoputri.

"Bersama ibu-ibu yang periksa kesehatan tadi, di sini, sekali lagi mari mendoakan panjang umur kepada Ibu Hj Megawati Soekarnoputri dan semoga usia yang ada bermanfaat dengan umur yang barokah untuk kita semuanya. Selamat juga HUT ke-50 kepada PDI Perjuangan, semoga selalu membawa amanat rakyat bela kepentingan masyarakat untuk kesejahteraan," kata Hasto Wardoyo, Kepala BKKBN.

Hasto Wardoyo menjelaskan Presiden Joko Widodo sudah sering berpesan agar keluarga muda diperhatikan, ini penting dijalankan oleh semua termasuk dukungan fasilitasi kesehatannya. Saat ini jumlah generasi milenial dominan di tengah masyarakat, soal stunting harus dicegah.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Mantap, RSUD Prambanan Raih Predikat Paripurna

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:36 WIB

Cuti Bersama, Jokowi Ajak Cucu Kunjungi Solo Safari

Rabu, 25 Januari 2023 | 01:21 WIB
X