Target UMY Setelah Miliki Fakultas Kedokteran Gigi

- Rabu, 18 Januari 2023 | 22:58 WIB
Jajaran pimpinan UMY yang terdiri dari Rektor dan Wakil Rektor berfoto bersama Dekan FKG drg. Edwyn Saleh, Sp.BMM, MARS (Ist)
Jajaran pimpinan UMY yang terdiri dari Rektor dan Wakil Rektor berfoto bersama Dekan FKG drg. Edwyn Saleh, Sp.BMM, MARS (Ist)

SiJOGJA.COM: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) resmi memiliki Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). Penetapan pendirian Fakultas Kedokteran Gigi ini dilakukan setelah UMY mengajukan pendirian FKG ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Setelah mendapatkan persetujuan dari Kemdikbudristek, Senat UMY mengesahkan pendirian FKG sesuai dengan Rencana Strategis UMY tahun 2020-2025. Setelah mendapatkan pengesahan dari Senat Universitas, Surat Keputusan Rektor UMY dikeluarkan sebagai SK pendirian FKG dengan nomor 1308/KEP-UMY/XI/2022 dan telah diterbitkan pada 25 November 2022.

Rektor UMY, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP, IPM, ASEAN Eng saat dihubungi pada Rabu (18/1) mengatakan bahwa untuk membangun FKG ini perlu dilakukan kerja sama dan support system yang bagus, karena FKG ini adalah fakultas baru. “FKG UMY ini adalah fakultas baru yang perlu dibangun dengan penuh sinergi, tata kerjasama yang baik juga support system yang baik. Saya yakin FKG ini mampu bersaing dengan FKG perguruan tinggi terbaik di luar sana,” tegasnya.

Gunawan juga berpesan kepada Dekan FKG UMY yang sudah terpilih agar terbiasa untuk bekerjasama dan berkompetisi. "Jadi kepada Dekan FKG UMY terpilih mulai minggu depan harus bekerja bersama-sama dan terbiasa untuk berkompetisi meski diawali dalam lingkup prodi terlebih dahulu," ujarnya.

Guru Besar UMY bidang Ilmu Tanah ini juga menyampaikan bahwa pada akhir 2022 kemarin, 7 program studi kesehatan di UMY juga sudah terakreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). Salah satunya termasuk Program Studi Kedokteran Gigi dan Program Profesi Kedokteran Gigi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi terpilih yang telah dilantik pada Selasa sore (17/1) di lobi rektorat gedung AR. Fakhruddin A UMY, drg. Edwyn Saleh, Sp.BMM, MARS mengatakan jika ini adalah sebuah tantangan dan juga amanah yang harus dipikul dengan serius dan istiqamah. “Saat SK penunjukan saya sebagai dekan FKG ini saya terkejut karena ini adalah tantangan untuk saya dan juga sebuah amanah yang harus saya emban dengan serius juga istiqamah, bagaimana tidak karena FKG ini adalah fakultas yang masih baru di UMY,” jelasnya.

Edwyn juga mengaku jika ia sudah memiliki semangat untuk membangun Kedokteran Gigi UMY sejak dirinya bergabung dengan UMY di tahun 2003. “2003 adalah awal saya bergabung dengan Kedokteran Gigi UMY, saat itu saya sudah memiliki semangat untuk membangun Kedokteran Gigi ini. 18 Tahun berdiri, saya diamanahi menjadi dekan FKG,” lanjutnya.

FKG UMY sendiri memiliki dua program studi yaitu Program Studi Kedokteran Gigi dan Program Profesi Kedokteran Gigi yang keduanya sama-sama memiliki akreditasi unggul. Edwyn menegaskan jka ia berkomitmen untuk membangun FKG yang mampu bersaing dengan FKG perguruan tinggi lainnya.

“Program studi di FKG ini sudah memiliki predikat unggul, tetapi predikat unggul saja tidak cukup. Kami berkomitmen akan membawa FKG mampu bersaing dengan FKG perguruan tinggi lainnya,” paparnya.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Mantap, RSUD Prambanan Raih Predikat Paripurna

Minggu, 29 Januari 2023 | 21:36 WIB

Cuti Bersama, Jokowi Ajak Cucu Kunjungi Solo Safari

Rabu, 25 Januari 2023 | 01:21 WIB
X