• Selasa, 6 Desember 2022

Alasan Forum Fakultas Kedokteran Hewan Soroti Penggunaan Hewan Hidup Untuk Praktek

- Sabtu, 24 September 2022 | 10:38 WIB
Ilustrasi ujicoba hewan (Istimewa)
Ilustrasi ujicoba hewan (Istimewa)

SiJOGJA.COM : Kalangan pakar dari Forum Komunikasi (Forkom) Senat Kedokteran Hewan Indonesia (SKHI) menyoroti model pendidikan ilmu kedokteran hewan di berbagai kampus tanah air yang masih kerap menggunakan model dari hewan hidup.

"Di kampus sejumlah negara, belakangan mulai mengganti hewan hidup untuk praktek itu dengan dummy (model tiruan) berbentuk hewan," kata Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Hewan Indonesia Teguh Budipitojo di sela forum bertajuk Menyiapkan Pendidikan Kedokteran Hewan Indonesia di Era Digital di Yogyakarta September 2022.

Dalam forum yang dihadiri peserta dari sembilan Fakultas Kedokteran Hewan berbagai universitas negeri tanah air itu, Teguh mencontohkan konsep penggunaan dummy hewan untuk keperluan pembelajaran praktek itu, salah satunya diterapkan melalui kurilulum di Seoul National University, Korea Selatan.

"Di kampus Korea misalnya, dummy hewan digunakan ke semua kelas sebagai model utama untuk praktek, tidak menggunakan hewan hidup lagi," katanya.

Penggunaan dummy hewan itu, ujar Teguh, dilakukan untuk mendukung bagaimana pembelajaran praktek di kampus tersebut bisa lebih leluasa disebarluaskan ke platform lebih luas.

Khususnya disebarkan melalui sarana digital yang berbasis internet. Sebab platform digital seperti itu, menuntut norma-norma kebijakan tertentu. Salah satunya misalnya eksperimen eksperimen pada mahluk hidup.

"Dengan penggunaan dummy hewan itu, pembelajaran praktek oleh kampus di Korea itu lalu diperluas, dibroadcast, tidak hanya menyasar mahasiswa di dalam kelas, tapi mahasiswa di mana pun yang ikut dalam course yang dibuat kampus itu," imbuh Teguh.

Hanya saja, Teguh menuturkan, transisi model konten pembelajaran semacam ini sebenarnya masih menjadi konsep pendidikan digital yang sedang ingin diwujudkan dalam dunia kedokteran hewan tanah air.

Indonesia menurutnya belum terlambat karena penggunaan dummy dalam praktek pendidikan di kampus ini baru tahap awal.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Komandan Korem 072/Pamungkas Main Ketoprak

Senin, 5 Desember 2022 | 20:13 WIB

Keren! Bioaqua Buka Delapan Offline Store Di Jadetabek

Minggu, 4 Desember 2022 | 23:06 WIB
X