• Selasa, 6 Desember 2022

Tahu Loko Coffee Malioboro ? Yang Aroma Kopinya Sering Keluar dan Menggoda Mampir

- Sabtu, 24 September 2022 | 10:27 WIB
Roaster di Loko Coffee Malioboro, aromanya sering menggoda hidung untuk mampir
Roaster di Loko Coffee Malioboro, aromanya sering menggoda hidung untuk mampir

SiJOGJA.COM : Wisatawan yang datang ke Malioboro dari ujung utara, biasanya akan tahu kalau di pojok jalan dekat rel kereta api, ada kedai kopi bernama Loko Coffee.

Tak jarang, saat melintasi kedai yang dikelola PT. Kereta Api Indonesia (KAI) lewat KAI Services itu, wisatawan yang berjalan kaki akan mencium semerbak aroma kopi dari kedai hingga tergoda mampir.

"Banyak yang mampir untuk ngopi sambil melihat langsung proses roasting di sini setelah mencium aroma kopi di sini keluar ke jalan," kata seorang coffee roaster di Loko Coffee, Laurentius Nawang di sela aktivitasnya Jumat 23 September 2022.

Untuk memunculkan aroma kopi itu hingga mengeluarkan aroma harum dan keluar sampai ke jalan, Nawang mengaku ada proses tertentu yang dilakukan saat roasting biji kopi.

Seorang coffee roaster, wajib mengetahui dulu jenis karakteristik
biji kopi untuk menentukan bagaimana cara yang pas untuk memasak atau meroasting biji kopi itu selanjutnya.

"Roasting jenis kopi seperti arabica dan robusta harus dipisahkan, tidak bisa dimasak secara bersamaan, untuk menjaga kekhasan karakter aroma masing-masing,"  kata dia.

Setelah jenis kopi dipisahkan, kemudian penentuan proses memasaknya akan dibuat seperti apa. Misalnya jika ingin membuat kopi dengan rasa lebih tebal dan tegas, maka akan dipilih profile roasting medium to dark.

"Durasi roasting relatif sama, sekitar 30 menitan tapi arabica dimasak sendiri, robusta juga," kata Nawang yang dalam sekali roasting bisa memasak sampai dengan 35 kilogram kopi berbagai jenis itu.
Nawang menambahkan, penggunaan api saat roasting juga hal penting demi menjaga aroma.

"Misalnya saat roasting kopi arabica, yang dipakai api kecil karena jika menggunakan api besar akan over cook," kata dia. Kondisi over cook atau terlalu matang ini akan mempengaruhi rasa dan mengganggu aroma asli kopi itu.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Komandan Korem 072/Pamungkas Main Ketoprak

Senin, 5 Desember 2022 | 20:13 WIB

Keren! Bioaqua Buka Delapan Offline Store Di Jadetabek

Minggu, 4 Desember 2022 | 23:06 WIB
X