• Selasa, 6 Desember 2022

Mobilitas Longgar, Pelaku Kreatif Garap Lagi Konsep Yogya Destinasi Wedding

- Sabtu, 24 September 2022 | 10:21 WIB
CAPTION: Berbagai vendor layanan pernikahan di Yogyakarta memanfaatkan momentum meredanya pandemi Covid-19 untuk bangkit dengan menggelar event Inhouse Mini Expo 20-30 September 2022. Dok.istimewa
CAPTION: Berbagai vendor layanan pernikahan di Yogyakarta memanfaatkan momentum meredanya pandemi Covid-19 untuk bangkit dengan menggelar event Inhouse Mini Expo 20-30 September 2022. Dok.istimewa

SiJOGJA.COM : Longgarnya mobilitas dan peningkatan kunjungan wisata sejak pertengahan tahun 2022 ini membuat kalangan pelaku industri kreatif wedding atau pernikahan di Yogyakarta kembali tampil dan melakukan berbagai upaya kembali pulih.

Para pelaku industri kreatif pernikahan saat pandemi Covid-19 dua tahun terakhir, menjadi satu kelompok paling terdampak karena hampir seluruh jadwal pernikahan di Yogyakarta tiba tiba diundur bahkan dibatalkan.

Pernikahan saat pandemi Covid-19 memuncak paling banter dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) dan rumah ibadah saat itu, tak ada pre wedding maupun resepsi.

Padahal pelaku industri kreatif bidang pernikahan sendiri cukup banyak jenisnya. Mulai bidang jasa fotografi-video sebagai dokumentasi, rias pengantin, layanan boga, persewaan kostum, sampai wedding organizer.

"Syukurlah tahun ini kondisi mulai membaik, permintaan layanan jasa pernikahan mulai tumbuh lagi meskipun masih 50-75 persen dibanding sebelum pandemi," kata Kirana Yulianto, pendiri Kencana Photo dan Videography, salah satu pelopor layanan studio foto di Yogyakarta 23 September 2022.

Kirana menuturkan, kelonggaran mobilitas saat ini, menjadi momentum pelaku industri wedding mencari pasar baru lagi. Terlebih kunjungan wisata di Yogyakarta telah nyaris pulih sepenuhnya.

Satu cara yang dilakukan, dengan melibatkan kalangan pelaku industri kreatif bidang pernikahan berkolaborasi menyediakan paket-paket pernikahan yang bisa menarik masyarakat baik dari dan luar Yogyakarta.

Misalnya, mulai 20 - 30 September 2022 ini, sejumlah vendor pernikahan di Yogyakarta menggelar pameran mini yang mengusung konsep one stop shopping untuk memberikan kesempatan mereka yang akan menikah berdiskusi dan menyiapkan pernikahannnya lewat layanan satu atap.

Pameran bertajuk Inhouse Mini Expo itu dipusatkan di Kencana Photo & Videography Jalan Pangeran Diponegoro No.106 Cokrodiningratan, atau sekitar 500 meteran saja di barat Tugu Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Komandan Korem 072/Pamungkas Main Ketoprak

Senin, 5 Desember 2022 | 20:13 WIB

Keren! Bioaqua Buka Delapan Offline Store Di Jadetabek

Minggu, 4 Desember 2022 | 23:06 WIB
X