• Selasa, 6 Desember 2022

Cek Usia Biologis Sekarang! Tahap Awal Sadari Resiko Penyakit  

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 23:22 WIB
Widya Herbal membuka layanan cek kesehatan di sela Indonesia Custom Show 2022 di Yogyakarta pada 13-14 Agustus 2022. (Ist)
Widya Herbal membuka layanan cek kesehatan di sela Indonesia Custom Show 2022 di Yogyakarta pada 13-14 Agustus 2022. (Ist)

 

SiJOGJA.COM : Rangkaian acara Indonesian Custom Show 2022 nyatanya tidak hanya berfokus pada dunia otomotif dan onderdilnya saja, namun juga onderdil tubuh manusia. Bagaimana bisa?

Salah satu booth yang turut memeriahkan rangkaian acara ini adalah Widya Herbal Indonesia. Widya Herbal Indonesia menawarkan cek usia biologis secara gratis pada rangkaian acara indonesian Custom Show pada tanggal 13-14 Agustus 2022 lalu.

Usia yang kita ketahui sejauh ini merupakan usia kronologis yang dapat diketahui dari tanggal seseorang terlahir ke dunia. Sementara usia biologis berfokus pada masalah penuaan.

Julia Wu., dkk., 2021 dalam penelitiannya yang berjudul Biological age in healthy elderly predicts aging-related diseases including dementia menjelaskan bahwa penuaan dihasilkan dari dampak akumulasi berbagai kerusakan molekuler dan seluler dari waktu ke waktu.

Kerusakan ini lambat laun dapat menyebabkan penurunan kapasitas fisik dan mental, peningkatan resiko penyakit, bahkan kematian.

Pengecekan usia biologis perlu dilakukan sebagai langkah awal dalam deteksi dan pencegahan penyakit. Usia biologis tidak selalu sama dengan usia kronologis (tanggal lahir).

Usia biologis dilihat berdasarkan kesehatan fisik didukung dengan keadaan zat penyusun tubuh lainnya seperti kadar air, lemak, kolesterol, protein, bahkan ada tidaknya kerusakan sel.

Mudahnya, usia biologis yang rendah (muda) dibandingkan usia kronologisnya menandakan baiknya organ tubuh seseorang. Sebaliknya, apabila usia bilogis lebih tinggi (tua) dibandingkan usia kronologisnya menandakan buruknya organ tubuh seseorang.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Komandan Korem 072/Pamungkas Main Ketoprak

Senin, 5 Desember 2022 | 20:13 WIB

Keren! Bioaqua Buka Delapan Offline Store Di Jadetabek

Minggu, 4 Desember 2022 | 23:06 WIB
X