• Jumat, 8 Juli 2022

Seabreg Bahaya Nikah Muda, MUI DIY Gandeng Berbagai Pihak Beberkan Sebabnya

- Kamis, 16 Juni 2022 | 15:22 WIB
MUI DIY gandeng berbagai pihak sosialisasikan bahaya nikah muda (Istimewa)
MUI DIY gandeng berbagai pihak sosialisasikan bahaya nikah muda (Istimewa)

SiJogja.COM : Majelis Ulama Indonesia (MUI) DIY menaruh perhatian serius perihal pernikahan usia anak atau nikah mudah.

Melalui Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga, MUI DIY bekerja sama dengan Badan Penasihatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) DIY, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) DIY dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY melakukan sosialisasi terkait bahaya nikah muda.

Sosialisasi yang dikemas dalam bentuk semiloka tersebut digelar di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) DIY, Kamis (16/6).

Hadir sebagai narasumber Direktur Eksekutif PKBI DIY Gama Triono, dan Dosen Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr R Rachmi Diana MA serta diikuti oleh perwakilan pelajar tingkat SMA sederajat didampingi guru Bimbingan Konseling.

Tema yang diangkat ialah Sadar Usia Perkawinan; Say No to Nikah Muda.
Wakil Ketua Umum MUI DIY Dr H A Zuhdi Muhdlor, mengungkapkan pernikahan usia anak merupakan masalah krusial bagi masa depan bangsa. Hal ini karena banyak persoalan yang akan terjadi akibat tidak taat terhadap sistematika kehidupan.

"Misalnya urusan pernikahan kan ada urutannya. Lamaran, menikah, hamil kemudian melahirkan. Seharusnya seperti itu sistematikanya. Jangan sampai hamil dulu lantas baru menikah," ungkapnya ketika membuka semiloka.

Merujuk Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perkawinan, batas usia perkawinan terjadi perubahan. Jika sebelumnya usia perempuan 16 tahun dan laki-laki 19 tahun, kini disamakan menjadi 19 tahun.

Akibatnya, permohonan dispensasi perkawinan di Pengadilan Agama (PA) terjadi peningkatan.

Khusus di wilayah DIY, pada tahun 2019 dispensasi perkawinan di PA seluruh DIY tercatat 583 kasus.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Terpopuler

X