• Jumat, 8 Juli 2022

Amazfit GTS 2 Mini, Partner Kawula Muda Kelola Stres Sambil Latihan Pernafasan

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 18:51 WIB
Amazfit GTS 2 Mini (Ilustrasi)
Amazfit GTS 2 Mini (Ilustrasi)

SiJOGJA.COM : Belakangan ini, banyak generasi muda yang mulai memasuki salah satu babak baru kehidupannya sebagai mahasiswa tingkat awal.

Mereka pun dihadapkan pada tanggung jawab dan tantangan baru di lingkungan yang baru pula.

Tak ayal, banyak mahasiswa tingkat awal yang merasa tertekan dan stres. Menenangkan diri dengan melakukan plesiran ke tempat wisata mungkin menjadi salah satu kegiatan yang banyak dipilih generasi muda saat ini untuk mengatasi stres.

Meski begitu, jika dilakukan tanpa perencanaan yang bijak dan matang, kebiasaan healing dengan staycation justru dapat menghadirkan masalah lain yang berujung menambah stres seperti misalnya mengancam kondisi keuangan, khususnya bagi kaum mahasiswa yang belum berpenghasilan.

Amazfit GTS 2 Mini mengajak generasi muda yang tengah dilanda stres untuk mencoba latihan pernafasan (breathing exercises) yang telah dikenal luas memiliki banyak manfaat dalam mengelola stres salah satunya membantu kita untuk lebih rileks.  
 
Stres dapat terjadi pada siapa saja dan merupakan penyebab mendasar dari banyak masalah kesehatan.

Untuk mengatasi stres, diperlukan kontrol emosi yang baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengontrol emosi dan mengatasi stres adalah dengan berlatih pernapasan.

Penelitian membuktikan bahwa menarik napas sedalam mungkin saat kita sedang stres dapat membantu membuat kita lebih tenang. Hal ini terjadi karena saat kita menarik napas dalam-dalam, oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan memperlambat kerja jantung sehingga aliran darah pun turut stabil.

Tak hanya itu, saat kita melakukan latihan pernapasan, saraf kompleks pre-Botzinger yang terdapat di bagian batang otak bagian dasar dan berfungsi untuk mengatur sistem pernapasan pun turut berperan dalam membuat tubuh lebih rileks.

Dikutip dari sebuah artikel kesehatan, berikut ini adalah latihan pernapasan yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi stres:
 
Pernapasan Perut

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Terpopuler

X