• Kamis, 7 Juli 2022

Batu Kapal, Destinasi Unik Yogya Yang Jadi Tempat Syuting Film KKN di Desa Penari

- Rabu, 18 Mei 2022 | 08:33 WIB
Destinasi Batu Kapal Jogja (Istimewa)
Destinasi Batu Kapal Jogja (Istimewa)

SiJOGJA.COM : Destinasi wisata Batu Kapal yang ada Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar film bergenre horor KKN di Desa Penari yang belakangan booming.

Koordinator Taman Wisata Batu Kapal Bantul Samsi Dwi Asaparudin membenarkan awal tahun 2020 silam, lokasi itu memang menjadi salah satu tempat syuting film yang ceritanya diadaptasi dari utas viral Twitter 2019 silam.

"Sempat ambil gambar di sini, namun prosesnya cukup cepat, hanya sekitar sehari saja dari pagi sampai tengah malam lalu selesai,” kata Samsi Selasa 17 Mei 2022.

Adapun Batu Kapal sendiri saat pengambilan gambar itu dilakukan kondisinya belum tersentuh penataan. Alias masih tampak sangat alami dan belum ada sejumlah sarana pendukung seperti gazebo, lokasi parkir dan bangunan lain.

Samsi menuturkan, destinasi Batu Kapal sebelumnya merupakan kawasan yang dipenuhi tanaman bambu sangat rimbun di pingiran desa selatan Yogya.

Lokasi yang berada di aliran Kali Opak, salah satu sungai terbesar yang membelah Yogyakarta itu, juga sering menjadi lokasi favorit para penambang pasir.

Nama Batu Kapal disematkan warga sekitar karena di lokasi itu terdapat dua batu berukuran besar dengan bentuk menyerupai haluan kapal. Di bagian batu tersebut terdapat guratan garis-garis dan tampak instagramable.

Di kawasan Batu Kapal wisatawan bisa menggunakan jasa cave tubing atau susur sungai hingga bermain air di aliran sungai Opak. Dengan tarif terjangkau. Misalnya susur sungai Rp 20 ribu saja, wisatawan bisa menyusuri aliran air sepanjang 500 meter.

“Ada sekitar 20 lebih lapak kuliner warga yang menjajakan berbagai macam hidangan khas desa,” kata dia.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Terpopuler

X