• Kamis, 7 Juli 2022

Yogya Tuan Rumah G20 Empower, Ratusan Peserta Berbagai Negara Bakal Hadir

- Rabu, 18 Mei 2022 | 08:30 WIB
G20 Empower dipusatkan di Yogyakarta (Istimewa)
G20 Empower dipusatkan di Yogyakarta (Istimewa)

SiJOGJA.COM : Sebanyak lebih dari 100 peserta dari negara G20 hadir dalam pertemuan internasional bertajuk Group of Twenty (G20) Empower Presidensi Indonesia yang dipusatkan di Yogyakarta mulai 17-19 Mei 2022.

Pada pertemuan antara lain dihadiri delegasi dari Amerika Serikat, Argentina, Brasil, Australia, Kanada, Meksiko, Turki, Indonesia, Korea Selatan, Jepang, China, Jerman, Inggris, India, Arab Saudi, Afrika Selatan, Italia, Indonesia, Prancis, Rusia, ditambah Uni Eropa.  

"Agenda utama pertemuan G20 Empower di Yogyakarta ini akan menyoroti soal UMKM (usaha mikro kecil menengah) sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi, salah satunya sektor pariwisata," kata Yessie D Yosetya, Chairman G20 Empower di Yogyakarta Selasa 17 Mei 2022.

Melesatnya sektor pariwisata, tak bisa dilepaskan dari peran UMKM. Yang akan menjadi bagian vital pembahasan di Yogyakarta itu, terutama peranan kaum perempuan yang selama ini bergerak di sektor UMKM.

Dalam pertemuan ini, empat menteri negara juga hadir sebagai pembicara. Yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayogya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Menteri BUMN Erick Tohir.

Yessie menambahkan keberadaan UMKM perlu disorot agar kian naik kelas mengingat perannya yang vital dalam perekonomian negara. Terutama yang berpenduduk besar seperti Indonesia.

"Dari potret UMKM itu bisa menjadi rekomendasi bagi pemerintah dan kelompok usaha swasta mendorong penerapan kebijakan dan praktik lebih jauh sebagai dukungan kepada UMKM agar semakian mampu menghadapi tantangan,” kata Yessie.

Yogyakarta, juga Indonesia, bisa menyerap ilmu dari para delegasi peserta G20 Empower dari forum ini. Karena forum ini akan dihadiri perwakilan sejumlah organisasi nasional dan internasional yang memiliki perhatian lebih pada pengembangan UMKM.

Salah satunya Céline Kauffmann selaku Head of Entrepreneurship, SMEs and Tourism Division OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development).

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

X