• Senin, 26 September 2022

Mahasiswa UAD Asal Timor Leste Tewas Ditusuk, Kampus: Orangnya Baik dan Rajin

- Jumat, 2 September 2022 | 15:39 WIB
Kampus UAD (ist)
Kampus UAD (ist)

SiJOGJA.COM: Pihak Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyebut korban tewas akibat penusukan di depan minimarket Jalan HOS Cokroaminoto, Kemantren Tegalrejo, Kota Yogyakarta bernama Edilson Henrique Lopes (25) mahasiswa yang baik. Bahkan, beberapa hari sebelum meregang nyawa, korban sempat beberapa kali mencari dosen pembimbing akademiknya.

"Karena awalnya kuliah di UAD itu yang bersangkutan ini sebenarnya anak baik. Kebetulan saya sebagai dosen pembimbing akademiknya. Anak ini anak baik walaupun beberapa nilai agak kurang maksimal karena memang kendala bahasa," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD Gatot Sugiharto saat dihubungi wartawan, Jumat (2/9/2022).

Menurutnya, kurang maksimalnya nilai Edilson karena faktor bahasa. Selain itu, selama berkuliah di UAD, Edilson mengikuti program reguler sehingga tidak diberlakukan secara khusus.

"Tapi secara umum yang bersangkutan ini adalah mahasiswa yang baik," ujarnya.

Gatot juga bercerita, bahwa dari informasi Edilson sempat mencarinya beberapa kali. Hal itu terkait kepentingan akademik. Gatot juga merasa sedih mendengar mahasiswa yang berupaya mencarinya berakhir tewas karena ditusuk oranf tidak dikenal.

"Dan saya sebagai dosen pembimbing akademiknya sebenarnya merasa berdosa akhir-akhir beberapa waktu yang lalu, 4-5 yang lalu itu menurut informasi dari TU mencari saya terus. Tapi kebetulan saya berada di NTB, sehingga saya belum bisa menemui," ucapnya.

"Tapi ternyata setelah pulang kok dia meninggal dan alhamdulillah saya masih bisa mengawal sampai akhir untuk menebus dosa saya lah, itu secara pribadi. Tetapi secara kelembagaan saya memastikan kepulangan almarhum sampai ke Timor Leste berkoordinasi dengan kedubes Timor Leste," lanjut Gatot.

Terkait adanya permasalahan yang diceritakan Edilson sebelum menjadi korban penusukan, Gatot mengaku tidak ada. Pasalnya Edilson jarang sekali berkomunikasi dengannya untuk persoalan di luar kuliah.

"Tidak pernah. Dia termasuk orang yang ketika komunikasi dengan saya itu jarang sekali berkomunikasi di luar persoalan kuliah. Dia hanya menyampaikan kendala dia di bahasa," katanya.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Pidana Menanti Jika Mobil Kredit Digadaikan

Rabu, 3 Agustus 2022 | 15:32 WIB
X