Catat Tanggalnya, Yogya Bersiap Gelar Event Internasional Jiffina 2023

- Selasa, 24 Januari 2023 | 23:21 WIB
Sultan HB X saat menyambangi Jiffina 2022  (Ist)
Sultan HB X saat menyambangi Jiffina 2022 (Ist)

SiJOGJA.COM : Kalangan perajin industri mebeler dan kerajinan tangan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan tetap menghelat event internasional Jogja International Furniture & Craft Fair Indonesia atau Jiffina 2023 di tengah isu resesi global dan belum rampungnya perang Ukraina-Rusia.

Event yang akan dipusatkan di Jogja Expo Center (JEC) pada 11-14 Maret 2023 itu menargetkan sedikitnya disambangi 5000 pengunjung dari manca negara maupun dalam negeri.

"Calon buyers (pembeli) potensial beberapa negara justru telah mengkonformasi hadir ke event ini meskipun ada isu resesi dan masih adanya konflik Ukraina-Rusia," kata Ketua Penyelenggara Jiffina 2023 Agus Imron Selasa 24 Januari 2023.

Agus mengatakan dalam event yang mengusung tajuk The Power of Eco Lifestyle For Global Market itu, kebanyakan buyers yang mengkonfirmasi hadir berasal dari benua Eropa.

Dengan antusiasme para buyers itu, Agus optimis transaksi sebesar USD 24 juta yang tercapai pada event Agustus 2022 lalu kurang lebih bisa sama atau bahkan terlampui.

"Hanya saja, kami saat ini tidak ingin bicara angka, karena event ini utamanya untuk menggeliatkan pariwisata, perekonomian, jadi buyers puas, pelaku UMKM juga senang," imbuh Agus.

Ia menambahkan, salah satu alasan antusiasme buyers antusias berdatangan ke event itu karena tak sekedar pameran belaka. Melainkan ada kegiatan visit factory atau kunjungan industri di mana buyers bisa langsung melihat bagaimana produk kerajinan dibuat.

Ketua Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia atau Asmindo DIY Timbul Raharjo mengungkap perhelatan event internasional yang sudah kali ketujuh tahun ini diharapkan semakin disokong pemerintah daerah.

Terutama untuk pendanaan, Timbul berharap penyelenggaraannya ke depan bisa disokong melalui dana keistimewaan atau danais.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Aerotropolis YIA Harus Terkoneksi dengan Sekitarnya

Selasa, 31 Januari 2023 | 21:51 WIB

Alasan Pemda DIY Harus Lebih Keras Atasi Kemiskinan

Senin, 30 Januari 2023 | 23:38 WIB

Tujuan Sleman Kukuhkan Forum Parkir Sleman Sembada

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:00 WIB

Isu Perikanan DIY Jadi Masukan RUU Perikanan

Selasa, 24 Januari 2023 | 23:36 WIB
X