• Senin, 26 September 2022

Jalan Budaya Digital Demi Kuatkan Ekonomi UMKM

- Sabtu, 17 September 2022 | 18:52 WIB
Khoirun Nisa, pendiri dan pembina Yayasan Omah Kreasi Center (Istimewa)
Khoirun Nisa, pendiri dan pembina Yayasan Omah Kreasi Center (Istimewa)

SiJOGJA.COM : Upaya literasi digital perlu didukung agar terbentuk ekosistem ekonomi digital yang salah satunya bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan kesejahteraan rakyat.

Apalagi pascapandemi COVID-19 dan konflik internasional masih menyisakan persoalan mendasar yang perlu dihadapi bersama-sama agar Indonesia berhasil pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Dalam skala global, Indonesia perlu mengendalikan inflasi, misalnya inflasi volatile foods ditekan di bawah 5%, sembari mendorong pertumbuhan ekonomi, serta membangun ketahanan pangan nasional.

Menurut data Bank Indonesia tentang pengendalian inflasi pusat dan daerah yang dirilis pekan lalu (14/9), tren kenaikan inflasi saat ini disebabkan oleh gejolak harga pangan. Selain itu, dampak rambatan kenaikan bahan bakar minyak dapat ditekan dengan subsidi penyangga sosial guna menjaga daya beli masyarakat.

“Di tingkat lokal, bahkan semenjak di tingkat masyarakat menengah ke bawah, himpitan ekonomi terasa semakin berat,” komentar Khoirun Nisa, pendiri dan pembina Yayasan Omah Kreasi Center di Yogyakarta, Sabtu (17/9).

Upaya pemerintah perlu dihargai sebagai solusi jangka pendek yang strategis yaitu bantuan langsung tunai untuk subsidi bahan bakar minyak.

“Namun, untuk jangka panjang, masyarakat senantiasa membutuhkan uluran bantuan pemerintah,” kata Nisa.

Salah satu kelompok masyarakat yang sekaligus menjadi pemain kunci dalam pertumbuhan ekonomi rakyat adalah masyarakat yang bergerak di sektor riil yaitu usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM.

Berdasarkan Layanan Data Koperasi dan UMKM di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, jumlah UMKM tertinggi ada di Kabupaten Sleman dengan 113.682 usaha, dan disusul Bantul (86.742 usaha), Gunung Kidul (53.918 usaha), Kulon Progo (36.076 usaha), dan urutan buncit di Kota Yogyakarta (32.595 usaha).

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

PT KAI Luncurkan Wajah Baru KA Taksaka Hype Trip

Sabtu, 24 September 2022 | 10:05 WIB

Jalan Budaya Digital Demi Kuatkan Ekonomi UMKM

Sabtu, 17 September 2022 | 18:52 WIB

Perubahan Ekonomi UMKM Pasca Pandemi Covid-19

Sabtu, 11 Juni 2022 | 13:30 WIB
X