• Kamis, 7 Juli 2022

Perubahan Ekonomi UMKM Pasca Pandemi Covid-19

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 13:30 WIB
Ilustrasi ekonomi UMKM pasca pandemi Covid-19 (Istimewa)
Ilustrasi ekonomi UMKM pasca pandemi Covid-19 (Istimewa)

SiJOGJA.COM : Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang terimbas karena kondisi pandemi covid-19.

Kondisi pandemi yang sudah berlangsung setahun lebih di Indonesia pada akhirnya harus disikapi dengan sejumlah adaptasi demi bertahan menghadapi ujiannya.
UMKM mau tidak mau harus menghadapi perubahan yang terjadi karena adanya pembatasan saat pandemi Covid-19.

Pembatasan aktivitas hingga perubahan prioritas kebutuhan masyarakat saat pandmei ternyata menghantam UMKM, bahkan bisnis Fashion sekalipun.

Mentri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut, sebanyak 87,5% UMKM yang berada di Indonesia sangat terdampak akibat adanya pandemi Covid-19.

Lalu hanya 12,5% saja UMKM yang bisa merasakan dampak yang sangat cukup kecil.

Meskipun terdampak, seharusnya pandemi Covid-19 juga bisa menguatkan UMKM untuk bangkit dan kembali menuai untung. Salah satu sumber penyulutnya yaitu digitalisasi.

Dengan berbagai perubahan dan kenormalan baru saat pandemi berlangsung, digitalisasi menjadi salah satu solusi untuk bertahan. Sebagian UMKM yang mampu bertahan karena sudah berhasil memanfaatkan digitalisasi.

“Saya berhasil bertahan dan melewati masa pandemi Covid-19 pada UMKM fashion saya karena didukung oleh tranformasi digital” ujar syafrizal, Yogyakarta, Jum’at (10/6).

JNT & JNE menjadi salah satu ekosistem yang menyediakan solusi kebangkitan UMKM setelah diterpa pandemi.

Halaman:

Editor: Antonius P.W

Tags

Terkini

Perubahan Ekonomi UMKM Pasca Pandemi Covid-19

Sabtu, 11 Juni 2022 | 13:30 WIB

Terpopuler

X